APRILIANO, RIZQULLAH (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (188kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (173kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (123kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (166kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (261kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (150kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (219kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (355kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (232kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (403kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (558kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
Abstract
Pembelajaran abad 21 menekankan adanya keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa, diantaranya kemampuan komunikasi yang efektif. Namun implementasi pembelajaran di kelas masih belum optimal. Model siklus belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Evaluation) menekankan pembelajaran dengan berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat mengelaborasi serta berperan aktif secara mandiri. Penerapan model siklus belajar 5E bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan quasi eksperimen, dengan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, tes, studi dokumentasi dan studi literatur. Sampel penelitian terdiri dari 48 peserta didik yang berasal dari kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Data di analisis menggunakan teknik uji Wilcoxon, menunjukkan hasil 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan model Siklus Belajar 5E berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Kata Kunci : Keterampilan Komunikasi, Model Pembelajaran, Siklus Belajar 5E
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:22 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13918 |
Actions (login required)
View Item |