PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Study Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Aisyah, Aisyah (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Study Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (60kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Model problem based learning sering kali digunakan dalam peningkatan keterampilan critical think peserta didik. Namun, dalam proses pembelajaran model tersebut masih dikatakan kurang optimal dalam penerapannya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan menggabungkan model dan metode dalam proses pembelajaran dengan penggabungan model problem based learning dengan metode mind mapping pada kelas XI di SMA Negeri 10 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI-8 dan XI-10 yang berjumlah 60 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan critical thinking peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terbukti dengan hasil posttest menunjukkan kelas eksperimen yang diberi perlakuan lebih tinggi yaitu 86.00 daripada rata-rata kelas kontrol yaitu 80.43. Dari data sig.(2-tailed) diperoleh nilai yaitu 0.001 < dari 0.05 maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan peningkatan yang signifikan dan pengaruh lebih baik serta efektif dalam penggunaan model problem based learning (PBL) dengan metode mind mapping dibandingkan pada model pembelajaran direct learning (konvensional). Kata Kunci: Problem Based Learning, Mind Mapping, Critical thinking

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:56
Last Modified: 29 Aug 2024 06:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13785

Actions (login required)

View Item View Item