PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 TASIKMALAYA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024)

ADHIANUR, SYARIFA (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 TASIKMALAYA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (436kB)
[img] Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (546kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (849kB)
[img] Text
9 BAB 1.pdf

Download (453kB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (607kB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (829kB)
[img] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Tasikmalaya yaitu rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan media question card untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ekonomi Ekonomi Internasional. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent group design, serta teknik pengumpulan data melaui test pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 188 siswa. Sample yang digunakan yaitu kelas XI – 5 berjumlah 40 orang sebagai kelas kontrol dan kelas XI – 6 berjumlah 39 orang sebagai kelas eksperimen pengambilan sample proposive sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media question card untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ekonomi Ekonomi Internasional, dengan kategori medium effect, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian penerapan model problem based learning berbantuan media question card efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kreatif, question card.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:41
Last Modified: 28 Aug 2024 03:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13695

Actions (login required)

View Item View Item