SAHRI, SAHRI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (246kB) |
|
Text
2 LEMBR PENGESAHAN.pdf Download (211kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (251kB) |
|
Text
4 PERNYATAAN.pdf Download (202kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (238kB) |
|
Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (181kB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI.pdf Download (305kB) |
|
Text
9 DAFTAR TABEL.pdf Download (233kB) |
|
Text
10 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (228kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (307kB) |
|
Text
12 BAB II.pdf Download (480kB) |
|
Text
13 BAB III.pdf Download (446kB) |
|
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
18 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match berbantuan media couple card. Metode yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen dengan bentuk nounequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 6 Tasikmalaya. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 soal dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired samples T-test, dan uji independent samples T-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match berbantuan media couple card sebelum dan sesudah perlakuan. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan model card sort sebelum dan sesudah perlakuan. 3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative learning tipe make a match berbantuan media couple card dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran card sort sesudah perlakuan. Kata Kunci: Cooperative Learning, Make A Match, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 01:10 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 01:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13433 |
Actions (login required)
View Item |