PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

SAHRI, SAHRI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (246kB)
[img] Text
2 LEMBR PENGESAHAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
4 PERNYATAAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (238kB)
[img] Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (181kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
9 DAFTAR TABEL.pdf

Download (233kB)
[img] Text
10 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (228kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (480kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
18 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match berbantuan media couple card. Metode yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen dengan bentuk nounequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 6 Tasikmalaya. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 soal dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired samples T-test, dan uji independent samples T-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match berbantuan media couple card sebelum dan sesudah perlakuan. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan model card sort sebelum dan sesudah perlakuan. 3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative learning tipe make a match berbantuan media couple card dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran card sort sesudah perlakuan. Kata Kunci: Cooperative Learning, Make A Match, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:10
Last Modified: 20 Aug 2024 01:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13433

Actions (login required)

View Item View Item