PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024)

DARMAWANTI, LINLIN NURLINA (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (743kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (625kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (667kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (5MB)
[img] Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LANPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
9 BAB 1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (5MB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (5MB)
[img] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Tasikmalaya yaitu rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berbantuan media mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deangan metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan desain non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data berupa rubrik penilaian soal pilihan ganda melalui pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMAN 1 Tasikmalaya pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 397 peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas X-08 yang berjumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-04 yang berjumlah 44 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan baik di kelas eksperimen dengan model discovery learning berbantuan mind mapping maupun di kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional sebelum dan sesudah perlakuan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran ekonomi, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model discovery learning berbantuan media mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:30
Last Modified: 13 Aug 2024 07:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13229

Actions (login required)

View Item View Item