SYAH, ABYAN SEPTIAN (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI TRANSFORMASI MENGGUNAKAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (271kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf Download (388kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (231kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (76kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (32kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (40kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (33kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (127kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (544kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (152kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan efektivitas bahan ajar geometri transformasi menggunakan geogebra untuk meningkatkan kemampuan metakognisi peserta didik. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran kuisoner serta pretest dan postest soal tes kemampuan metakognisi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kisi-kisi wawancara, kuisoner penilaian kelayakan bahan ajar dan respon peserta didik serta soal tes kemampuan metakognisi untuk mengukur efektivitas penggunaan bahan ajar geogebra. Sumber data dari penelitian ini adalah dua ahli materi untuk menilai dari segi kualitas isi dan tujuan, dua ahli media untuk menilai dari segi kualitas teknis, peserta didik kelas IX SMP Negeri 16 Tasikmalaya untuk mengetahui respon peserta didik serta efektivitas penggunaan bahan ajar geogebra. Hasil penelitian ini berupa link bahan ajar geogebra yang dapat digunakan pada web yang bisa diakses di smartphone peserta didik. Bahan ajar ini dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dan layak oleh ahli media serta peserta didik memberikan respon yang sangat baik terhadap penggunaan bahan ajar geogebra ini. Serta efektivitas dari bahan ajar ini dilihat dari peningkatan hasil pretest dan posttest dan diukur dengan uji N-Gain dengan hasil 0,7896 dan termasuk kategori “Tinggi” Kata kunci: ADDIE, Geogebra, Pengembangan Bahan Ajar, Research & Development, Transformasi Geometri
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 04:39 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 04:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13205 |
Actions (login required)
View Item |