KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional dikelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024

MILAH, DENA SARIPATUL (2024) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional dikelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (282kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (249kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (179kB)

Abstract

DENA SARIPATUL MILAH. 2024. Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Self Efficacy terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi di Kelass X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap prokrastinasi akademik peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yakni kelas X-1, X-2, X-4 dan X-5 yang berjumlah 141 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu Academic Procrastination Scale (APS) untuk mengukur prokrastinasi akademik peserta didik, angket kecerdasan emosional untuk mengukur kecerdasan emosional peserta didik, dan Academic Self-efficacy Scale untuk mengukur self efficacy peserta didik. Hasil penelitian menunjukan ada korelasi antara kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap prokrastinasi akademik peserta didik dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,734 yang artinya hubungan ketiga variabel tersebut termasuk dalam kategori korelasi kuat. Selain itu diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,539 yang berarti bahwa variabel kecerdasan emosional dan self efficacy memberikan kontribusi sebesar 53,9% terhadap prokrastinasi akademik peserta didik. Sisanya yakni 46,1% merupakan variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sehingga terdapat korelasi kuat antara kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap prokrastinasi akademik peserta didik pada mata pelajaran biologi. Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Kecerdasan Emosional, Self Efficacy, Biologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2024 06:35
Last Modified: 14 Aug 2024 06:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13093

Actions (login required)

View Item View Item