ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

RACHIM, RAISA FITRILYA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover skripsi.pdf

Download (86kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (548kB)
[img] Text
3. lembar penyataan karya ilmiah.pdf

Download (182kB)
[img] Text
4. abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
5. kata pengantar.pdf

Download (133kB)
[img] Text
6. daftar isi.pdf

Download (69kB)
[img] Text
7. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (139kB)
[img] Text
8. BAB 2 Landasan teoretis.pdf

Download (415kB)
[img] Text
9. BAB 3 Prosdur Penelitian.pdf

Download (183kB)
[img] Text
10. BAB 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
11. BAB 5 Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis ditinjau dari tingkat self-efficacy. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa pemberian soal tes kemampuan berpikir reflektif matematis, pemberian angket self-efficacy dan wawancara. Subjek penelitian yaitu 3 orang peserta didik yang memiliki kategori self-efficacy tinggi, self-efficacy sedang, dan self-efficacy rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peserta didik dengan self-efficacy tinggi pada indikator reacting mampu menuliskan informasi secara jelas,pada indikator comparing peserta didik mampu menuliskan jawaban pada permasalahan. Pada indikator contemplating peserta didik dapat menuliskan maksud dari permasalahan sehingga dapat membuat kesimpulan dengan benar. Peserta didik sangat yakin dan dapat menghadapai masalah yang dihadapi secara teliti dan jelas dalam setiap pengerjaannya. Peserta didik terus bertahan dalam usahanya meskipun mengalami kesulitan dan tantangan dalam menyelesaikan permasalahan. (2) Peserta didik yang memiliki self-efficacy sedang pada indikator reacting mampu menuliskan informasi yang terdapat pada soal. Pada indikator comparing mampu menuliskan jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Pada indikator contemplating tidak mampu membuat kesimpulan. Peserta didik merasa ragu saat mengerjakan soal. (3) Peserta didik dengan kategori self-efficacy rendah tidak dapat memenuhi semua indikator kemampuan berpikir reflektif matematis. Peserta didik tidak yakin akan kemampuan yang dimilikinya, ragu-ragu dan tidak teliti dalam setiap proses pengerjaannya, lamanya proses mereka dalam menghadapi hambatan dan bersikap pesimis. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Self-Efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 12 Aug 2024 00:49
Last Modified: 12 Aug 2024 00:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12994

Actions (login required)

View Item View Item