EFEKTIVITAS SUPLEMEN PEMBELAJARAN BERBANTUAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya)

MAULANA, MUHAMMAD AZRIL RIZKY (2024) EFEKTIVITAS SUPLEMEN PEMBELAJARAN BERBANTUAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (72kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (137kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (135kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (28kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (94kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (499kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (414kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep minat belajar peserta didik secara simultan maupun parsial pada materi barisan dan deret. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep, kuesioner minat belajar peserta didik, dan validasi suplemen pembelajaran berbantuan TikTok. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kisi-kisi tes kemampuan pemahaman konsep, kisi-kisi kuesioner minat belajar, serta kisi-kisi lembar penilaian kualitas teknis kisi-kisi lembar penilaian kualitas isi dan tujuan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya yang berjumlah X kelas. Sampel dipilih secara acak menurut kelas, sehingga kelas XI IPA 5 yang terpilih sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang yang pembelajarannya menggunakan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok. Teknik analisis data yang digunakan dalam uji hipotesis yaitu uji multivariate analysis of variance (MANOVA) dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik, penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, dan penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok tidak efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Kata kunci: Efektivitas; Suplemen Pembelajaran berbantuan TikTok; Kemampuan Pemahaman Konsep; Minat Belajar Peserta Didik; Barisan dan Deret

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:42
Last Modified: 23 Jul 2024 06:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12554

Actions (login required)

View Item View Item