ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi)

HUTAMI, ANNISA YULIA (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (42kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (106kB)
[img] Text
3. Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (110kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (31kB)
[img] Text
5. Pedoman Transliterasi.pdf

Download (191kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (155kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (136kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (354kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)

Abstract

Mahasiswa merupakan kelompok usia remaja yang saat ini termasuk kedalam generasi Z. Umumnya remaja akan mengalami suatu perubahan seperti: fisik, hobi, dan keinginan lainnya, sehingga memungkinkan adanya peningkatan konsumsi yang terjadi. Didukung dengan perkembangan teknologi informasi dan digital menjadikan masyarakat termasuk remaja memiliki akses penuh terhadap suatu informasi mengenai produk atau jasa yang diinginkan sehingga lebih mudah untuk mendapatkan apa yang diinginkan dan membentuk suatu gaya hidup yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berkaitan dan memiliki indikasi yang dapat memengaruhi perilaku konsumtif generasi Z sehingga variabel yang digunakan adalah variabel gaya hidup (X1), uang elektronik (X2) dan religiusitas (X3). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi dengan jumlah populasi mahasiswanya sebesar 590 orang. Penelitian ini menggunakan teknik Proporsionate Stratified Random Sampling, dengan jumlah sampel sebesar 100 orang, dan diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya hidup (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, berdasarkan nilai signifikansi 0,000<0,05. Variabel uang elektronik (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Variabel religiusitas (X3) tidak memiliki pengaruh signifikan karena nilai signifikansi sebesar 0,224>0,05. Secara bersama-sama variabel gaya hidup (X1), uang elektronik (X2) dan religiusitas (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Penelitian ini dapat menjadi informasi terkait beberapa faktor yang menyebabkan perilaku konsumtif di lingkungan mahasiswa. Lembaga dapat mengedukasi mengenai pengendalian perilaku konsumtif melalui pembelajaran di perkuliahan sehingga dapat meminimalisir terjadi perilaku konsumtif dan terhindar dari hal-hal yang merugikan akibat perilaku konsumtif ini. Kata Kunci: Gaya Hidup, Uang Elektronik, Religiusitas dan Perilaku Konsumtif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:17
Last Modified: 23 Jul 2024 04:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12543

Actions (login required)

View Item View Item