INVESTIGATING STUDENT TEACHERS’ SELF-EFFICACY DURING INTERNATIONAL TEACHING PRACTICUM IN THAILAND

ARYANI, RANTI (2024) INVESTIGATING STUDENT TEACHERS’ SELF-EFFICACY DURING INTERNATIONAL TEACHING PRACTICUM IN THAILAND. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (187kB)
[img] Text
2 APPROVAL SHEET.pdf

Download (357kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
6 ABSTRACT.pdf

Download (94kB)
[img] Text
4 MOTTO.pdf

Download (153kB)
[img] Text
7 PREFACE.pdf

Download (94kB)
[img] Text
8 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (97kB)
[img] Text
9 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (58kB)
[img] Text
10 LIST OF TABLES.pdf

Download (29kB)
[img] Text
11 LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (47kB)
[img] Text
12 CHAPTER 1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
13 CHAPTER 2.pdf

Download (115kB)
[img] Text
14 CHAPTER 3.pdf

Download (136kB)
[img] Text
15 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
16 CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
17 REFERENCES.pdf

Download (117kB)
[img] Text
18 ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kesuksesan guru dalam mengajar dipengaruhi oleh efikasi diri yang mereka miliki. Selama mengikuti program International Teaching Practicum (ITP), mahasiswa yang tidak memiliki pengalaman diharuskan mengajar di sekolah yang meimiliki budaya, bahasa, dan kurikulum yang berbeda. Hal ini memerlukan efikasi diri yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efikasi diri mahasiswa (student teachers’)selama melakukan praktikum pengajaran internasional di Thailand. Penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif dengan metode wawancara untuk mengumpulkan data, serta metode analisis data milik Braun dan Clarke (2006) yakni analisis tema. Lebih lanjut, berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan tiga tema utama yang menyoroti perihal efikasi diri yakni manajemen lingkungan kelas, membangun hubungan yang positif dengan siswa dan mengembangkan strategi pengajaran. Dengan demikian, penelitian ini memiliki penemuan bahwa ITP memberi pengalaman berharga, yang mana hal ini akan sangat berguna di kemudian hari dalam dunia profesional terkait realita kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi aktif dalam ruang lingkup akademis dan dapat digunakan sebagai rujukan bagi peneliti dengan tema yang sama di masa yang akan datang. Kata Kunci: Efikasi diri, guru, pengajaran, praktikum pembelajaran internasional

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:19
Last Modified: 14 Mar 2024 01:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12314

Actions (login required)

View Item View Item