EXPLORING TEACHER’S CLASSROOM MANAGEMENT STRATEGIES AMID THE ENGLISH LANGUAGE TEACHING PROCESS: A CASE STUDY IN JUNIOR HIGH SCHOOL

MARWAH, REHAN SOPIA (2023) EXPLORING TEACHER’S CLASSROOM MANAGEMENT STRATEGIES AMID THE ENGLISH LANGUAGE TEACHING PROCESS: A CASE STUDY IN JUNIOR HIGH SCHOOL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (251kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET SUPERVISORS.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3. APPROVAL SHEET EXAMINERS.pdf

Download (237kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (301kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (299kB)
[img] Text
7. PREFACE.pdf

Download (298kB)
[img] Text
9. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (313kB)
[img] Text
10. LIST OF TABLES.pdf

Download (304kB)
[img] Text
11. LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (183kB)
[img] Text
12. CHAPTER 1 INTRODUCTION.pdf

Download (308kB)
[img] Text
13. CHAPTER 2 LITERATUREREVIEW.pdf

Download (313kB)
[img] Text
14. CHAPTER 3 RESEARCH PROCEDURES.pdf

Download (360kB)
[img] Text
15. CHAPTER 4 FINDINGS AND DISCUSSIONS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
16. CHAPTER 5 CONCLUSION AND SUGGESTION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
17. REFERENCES.pdf

Download (416kB)
[img] Text
18. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img] Text
19. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstract

Pengelolaan kelas adalah aspek sentral dalam lingkungan pendidikan yang mempengaruhi proses pembelajaran dan perkembangan siswa. Selain itu, pengelolaan kelas memainkan peran kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengelolaan kelas yang digunakan oleh seorang guru di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Tasikmalaya dan melihat dampak dari penggunaan strategi tersebut terhadap siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi non-partisipan dan wawancara semi terstruktur. Data dianalisis dengan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian mengungkapkan dua kategori utama strategi, yaitu strategi pengelolaan kelas proaktif yang mencakup pembuatan kesepakatan kolaboratif mengenai rutinitas di dalam kelas, penciptaan lingkungan kelas yang berorientasi pada siswa, personalisasi pembelajaran, memberikan umpan balik dan perbaikan berkelanjutan, dan membangun hubungan guru-siswa. Di sisi lain, strategi reaktif melibatkan penanganan perilaku yang tidak diinginkan dan pemberian pujian dan penghargaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengelolaan kelas ini memiliki dampak positif dalam meningkatkan pengalaman belajaran siswa, termasuk peningkatan aspek kognitif, peningkatan kondisi belajar yang kondusif, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, serta mendorong keterlibatan emosional siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Strategi Pengelolaan Kelas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:13
Last Modified: 01 Feb 2024 04:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11933

Actions (login required)

View Item View Item