MARWAH, REHAN SOPIA (2023) EXPLORING TEACHER’S CLASSROOM MANAGEMENT STRATEGIES AMID THE ENGLISH LANGUAGE TEACHING PROCESS: A CASE STUDY IN JUNIOR HIGH SCHOOL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (251kB) |
|
Text
2. APPROVAL SHEET SUPERVISORS.pdf Download (315kB) |
|
Text
3. APPROVAL SHEET EXAMINERS.pdf Download (237kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (252kB) |
|
Text
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf Download (301kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (299kB) |
|
Text
7. PREFACE.pdf Download (298kB) |
|
Text
9. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (313kB) |
|
Text
10. LIST OF TABLES.pdf Download (304kB) |
|
Text
11. LIST OF ENCLOSURES.pdf Download (183kB) |
|
Text
12. CHAPTER 1 INTRODUCTION.pdf Download (308kB) |
|
Text
13. CHAPTER 2 LITERATUREREVIEW.pdf Download (313kB) |
|
Text
14. CHAPTER 3 RESEARCH PROCEDURES.pdf Download (360kB) |
|
Text
15. CHAPTER 4 FINDINGS AND DISCUSSIONS.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
|
Text
16. CHAPTER 5 CONCLUSION AND SUGGESTION.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
Text
17. REFERENCES.pdf Download (416kB) |
|
Text
18. ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (959kB) |
|
Text
19. BIOGRAPHY.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
Abstract
Pengelolaan kelas adalah aspek sentral dalam lingkungan pendidikan yang mempengaruhi proses pembelajaran dan perkembangan siswa. Selain itu, pengelolaan kelas memainkan peran kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengelolaan kelas yang digunakan oleh seorang guru di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Tasikmalaya dan melihat dampak dari penggunaan strategi tersebut terhadap siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi non-partisipan dan wawancara semi terstruktur. Data dianalisis dengan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian mengungkapkan dua kategori utama strategi, yaitu strategi pengelolaan kelas proaktif yang mencakup pembuatan kesepakatan kolaboratif mengenai rutinitas di dalam kelas, penciptaan lingkungan kelas yang berorientasi pada siswa, personalisasi pembelajaran, memberikan umpan balik dan perbaikan berkelanjutan, dan membangun hubungan guru-siswa. Di sisi lain, strategi reaktif melibatkan penanganan perilaku yang tidak diinginkan dan pemberian pujian dan penghargaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengelolaan kelas ini memiliki dampak positif dalam meningkatkan pengalaman belajaran siswa, termasuk peningkatan aspek kognitif, peningkatan kondisi belajar yang kondusif, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, serta mendorong keterlibatan emosional siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Strategi Pengelolaan Kelas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 04:13 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 04:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11933 |
Actions (login required)
View Item |