YOUTUBE-BASED BRAINSTORMING ACTIVITIES DURING LEARNING ENGLISH WRITING: THE TEACHER’S AND STUDENTS’ PERCEPTIONS

SUCIARAHMANY, ANDRIANY (2023) YOUTUBE-BASED BRAINSTORMING ACTIVITIES DURING LEARNING ENGLISH WRITING: THE TEACHER’S AND STUDENTS’ PERCEPTIONS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (223kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (183kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (201kB)
[img] Text
5. PREFACE.pdf

Download (108kB)
[img] Text
6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (205kB)
[img] Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (193kB)
[img] Text
8. CHAPTER 1.pdf

Download (223kB)
[img] Text
9. CHAPTER 2.pdf

Download (164kB)
[img] Text
10. CHAPTER 3.pdf

Download (176kB)
[img] Text
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
13. REFERENCES.pdf

Download (254kB)
[img] Text
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Penggunaan teknologi memiliki banyak manfaat dalam bidang pendidikan. Sebagai bagian dari teknologi, YouTube digunakan oleh guru bahasa Inggris di salah satu SMP yang berlokasi di kota Tasikmalaya sebagai media intruksi pembelajaran. Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa penggunaan YouTube dalam pengajaran menulis dapat memotivasi siswa dan meningkatkan kemampuan menulis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dari guru dan siswa terkait aktivitas brainstorming berbasis YouTube dalam menulis teks bahasa Inggris. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari tiga siswa kelas IX dan satu guru bahasa Inggris di salah satu SMP yang berlokasi di kota Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisis dengan menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kegiatan brainstorming berbasis YouTube ke dalam proses pembelajaran membawa dampak yang baik. Siswa setuju bahwa kegiatan tersebut memberikan gambaran umum terhadap materi yang akan dipelajari. Selain itu, penggunaan YouTube video mampu memberikan inspirasi kepada siswa sehingga dapat memunculkan ide-ide mereka dalam menulis teks bahasa Inggris. Kegiatan ini juga dapat membantu siswa dalam memahami materi dengan baik. Akan tetapi, karena video YouTube berisi contoh-contoh yang berkaitan dengan materi yang dipelajari, penggunaan video YouTube dalam kegiatan kelas dapat menyebabkan plagiarisme. Kata Kunci: Kegiatan brainstorming berbasis YouTube, menulis teks bahasa Inggris, persepsi guru dan siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:18
Last Modified: 14 Dec 2023 07:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11340

Actions (login required)

View Item View Item