NARRATING THE STUDENT’S EXPERIENCE OF ENGLISH�SPEAKING LEARNING THROUGH ZOOM-BASED WEBINAR SERIES IN THE ACADEMIC LISTENING AND SPEAKING COURSE

WIDODO, MUTIARA PUTRI AULIA RIZKI (2023) NARRATING THE STUDENT’S EXPERIENCE OF ENGLISH�SPEAKING LEARNING THROUGH ZOOM-BASED WEBINAR SERIES IN THE ACADEMIC LISTENING AND SPEAKING COURSE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (379kB)
[img] Text
2. PENGASAHAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. APPROVAL SHEET.pdf

Download (439kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (409kB)
[img] Text
5. PERSONAL PAGE.pdf

Download (253kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (398kB)
[img] Text
7. PREFACE.pdf

Download (290kB)
[img] Text
8. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (467kB)
[img] Text
9. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (211kB)
[img] Text
10. CHAPTER 1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
11. CHAPTER 2.pdf

Download (315kB)
[img] Text
12. CHAPTER 3.pdf

Download (328kB)
[img] Text
13. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
14. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
15. REFERENCES.pdf

Download (423kB)
[img] Text
16. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)

Abstract

Webinar merupakan aktifitas alternatif dalam pembelajaran daring khususnya pembelajaran berbicara bahasa Inggris. Dalam praktiknya, ini merupakan pengalaman pertama bagi sebagian mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menarasikan pengalaman mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris tentang pembelajaran berbicara bahasa Inggris melalui seri webinar berbasis zoom. Namun demikian, menggali pengalaman siswa dalam belajar berbicara bahasa Inggris melalui seri webinar berbasis Zoom dalam mata kuliah Academic Listening dan Speaking masih kurang diteliti. Penelitian ini fokus pada pengalaman mahasiswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran berbicara bahasa Inggris melalui seri webinar berbasis zoom dalam mata kuliah Academic Listening and Speaking (ALS). Data dikumpulkan menggunakan wawancara semi-struktur. Data hasil wawancara diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, diperiksa ulang, dan dianalisis menggunakan metode analisis naratif (Labov, 1972). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman mahasiswa mengenai pembelajaran berbicara bahasa Inggris melalui seri webinar berbasis zoom di mata kuliah ini terdiri dari berbagai aspek pengalaman, diantaranya pengalaman kognitif, afektif, dan psikomotor. Temuan penelitian ini mengungkap beberapa poin yang dibingkai oleh Labov (1972), antara lain (1) Abstract: “Saya mempersiapkan diri dengan baik untuk mencapai hasil terbaik dalam webinar”, (2) Orientation: “Saya menyadari pentingnya keterampilan berbicara di depan umum bahasa Inggris” (3) Complicating action: “Saya mengoptimalkan sikap positif saya meskipun ada sikap negatif” (4 ) Evaluation: “Saya menyadari apa yang harus saya lakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara saya dan mengatasi kecemasan berbicara saya” (5) Result: “Saya akhirnya mendapatkan hasil yang memuaskan atas persiapan saya yang sangat matang” (6) Coda: “Webinar ini membuat keterampilan berbicara saya meningkat dan lebih percaya diri untuk menjadi seorang pendengar akademis dan pembicara di acara-acara mendatang”. Kata kunci: Pembelajaran berbicara bahasa Inggris, Pengalaman mahasiswa, Zoom Meeting, Seri Webinar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:33
Last Modified: 14 Dec 2023 03:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11321

Actions (login required)

View Item View Item