ANGGRAENI, SANTI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERBASIS HOTS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MENURUT DAVID KOLB. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER_1-1.pdf Download (1MB) |
|
Text
lembar pengesahan revisi.pdf Download (208kB) |
|
Text
Surat pernyataan.pdf Download (191kB) |
|
Text
surat keterangan.pdf Download (191kB) |
|
Text
ABSTTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
KATA PENGENTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis berbasis HOTS pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya belajar menurut David Kolb. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain angket, tes, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan representasi matematis dan angket gaya belajar. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 4 Tasikmalaya yang mengisi angket gaya belajar David Kolb yang konsisten dan memenuhi semua aspek kemampuan representasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa subjek yang bergaya belajar accommodator (S-10AK) mampu melakukan representasi pada semua aspek dengan baik. Accommodator ini adalah seorang yang menyukai tantangan dan sangat menunjukan seorang petindak. Subjek yang bergaya belajar diverger (S-09D) pada aspek pictorial representation dan symbolic representation dengan baik tetapi masih kurang pada aspek verbal representation. Diverger merupakan seorang pekerja keras dan imajinatif dan dalam proses pengerjaan diverger menunjukan seorang pengamat. Subjek yang bergaya belajar assimilator (S-28AS) mampu melakukan representasi pada aspek symbolic representation dengan baik dan pada aspek pictorial representation dan aspek verbal representation masih kurang. Assimilator merupakan seorang pengamat, sama hal nya dengan diverger dan assimilator juga suka melakukan penalaran induktif dalam proses pengerjaan soal atau pemecahan masalah, subjek yang bergaya belajar converger (S-20AK) masih kurang dalam representasi pada semua aspek, meskipun converger dikenal sebagai seorang pemikir tetapi converger kurang matang dalam proses pemikiran, kurang ketelitian, dan memiliki sikap tergesa-gesa. Kata kunci: Analisis, Representasi, HOTS, Bangun Ruang, Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 03:27 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 03:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11019 |
Actions (login required)
View Item |