EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE DEBAT AKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X IPA 6 SMAN 6 TASIKMALAYA

HERAWATI, MELIA (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE DEBAT AKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X IPA 6 SMAN 6 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (66kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text
07 BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
08 BAB II.pdf

Download (184kB)
[img] Text
09 BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
10 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
11 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] Text
13 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

MELIA HERAWATI. 2023. Efektivitas Pembelajaran Metode Debat Aktif dalam Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Kelas X IPA 6 SMAN 6 Tasikmalaya. Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas SIliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran metode debat dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran sejarah Indonesia di kelas X IPA 6 SMAN 6 Tasikmalaya. Latar belakang dari penelitian ini ialah rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas X IPA 6 masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian yaitu non-equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes hasil belajar dengan insturmen yang digunakan yaitu lembar tes (pretest dan posttest) dan lembar observasi.. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data statistik deskriptif dan statistik nonparametris dibantu program IBM Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan metode debat aktif dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah sehingga metode debat aktif memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode debat aktif efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal itu dilihat dari nilai perhitungan effect size Cohen’s d sebesar 0.877 yang termasuk ke dalam kategori sangat kuat. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Metode Debat Aktif, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Aug 2023 01:00
Last Modified: 24 Aug 2023 01:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10723

Actions (login required)

View Item View Item