JULIANTIKA, SABINA (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DALAM BERBELANJA ONLINE MELALUI MARKETPLACE (Survey pada Mahasiswa Universitas Siliwangi Angkatan Tahun 2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (206kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (186kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (188kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (135kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (71kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (6kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (168kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (92kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (108kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (268kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja online melalui marketplace pada Mahasiswa Universitas Siliwangi Tahun Angkatan 2021. Sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Metode penelitian menggunakan pendektan kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis Deskritif Persentase dan Confirmatori Factor Analysis. Berdaparkan hasil penelitian terdapat 4 faktor yang terbentuk yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja online yaitu, (1) faktor pribadi dengan nilai persentase 69%, nilai eigenvalue sebesar 8,975 serta nilai variansi sebesar 43%; (2) nilai faktor psikologis dengan nilai persentase 62%, nilai eigenvalue sebesar 2,972 serta nilai variansi sebesar 14%; (3) faktor budaya dengan nilai persentase 62%, nilai eigenvalue sebesar 1,245 serta nilai variansi sebesar 6%%; (4) faktor sosial dengan nilai persentase 46%, nilai eigenvalue sebesar 1,594 serta nilai vairansi sebesar 8%. Kemudian dapat diketahui faktor yang paling dominan yaitu faktor pribadi dengan variabel indikator: kelompok referensi, peran dan status, dan gaya hidup. Kata kunci : analisis faktor konfirmatori, analisis deskriptif persentase, perilaku konsumtif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 03:19 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 03:19 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10603 |
Actions (login required)
View Item |