SABANNI, SELLI RACHMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA RODA BERPUTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 9 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (43kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (587kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (337kB) |
|
Text
4. ABSTRACK.pdf Download (42kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (42kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (90kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (44kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (39kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (209kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (228kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (382kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 9 Tasikmalaya yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan non equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda (PG). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPS SMAN 9 Tasikmlaya tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 138 siswa. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampel purposive sampling sebanyak dua kelas dari keseluruhan kelas XI IPS yang ada di SMAN 9 Kota Tasikmalaya sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) berbantu media roda berputar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi perdagangan internasional. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) berbantu media roda berputar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi perdagangan internasional, dimana jika nilai sig (2-tailed) <5% atau 0.05. Rata-rata skor eksperimen jauh lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan demikian bahwa dalam penelitian ini pada model problem based learning (PBL) berbantu media roda berputar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning, Roda Berputar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 01:44 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 01:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10541 |
Actions (login required)
View Item |