SIHOTANG, MEY A. (2023) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover-1.pdf Download (222kB) |
|
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
03 Lembar Pernyataan.pdf Download (359kB) |
|
Text
04 Abstrak.pdf Download (300kB) |
|
Text
05 Abstrack.pdf Download (305kB) |
|
Text
06 Kata Pengantar.pdf Download (312kB) |
|
Text
07 Ucapan Terimakasih.pdf Download (213kB) |
|
Text
06 Kata Pengantar.pdf Download (312kB) |
|
Text
07 Ucapan Terimakasih.pdf Download (213kB) |
|
Text
08 Daftar Isi.pdf Download (67kB) |
|
Text
09 Daftar Tabel.pdf Download (200kB) |
|
Text
10 Daftar Gambar.pdf Download (197kB) |
|
Text
11 Daftar Lampiran.pdf Download (198kB) |
|
Text
12 Bab I.pdf Download (442kB) |
|
Text
13 Bab II.pdf Download (416kB) |
|
Text
14 Bab III.pdf Download (654kB) |
|
Text
15 Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
|
Text
16 Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
Text
17 Daftar Pustaka.pdf Download (330kB) |
|
Text
18 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu rata-rata hasil belajar peserta didik yang rendah pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari konsep diri dan minat belajar terhadap disiplin belajar serta implikasinya terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survey dengan desain survey eksplanatori. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 208 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, sehingga seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi dan kuesioner/angket dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur atau path analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri tidak berpengaruh terhadap disiplin belajar yang terlihat dari nilai signifikansi 0,255, minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin belajar dengan nilai signifikansi 0,000, konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000, minat belajar secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000, disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000. Adapun pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa konsep diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar melalui disiplin belajar dengan nilai t hitung 1,12 lebih kecil dari t tabel 1,97 dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar melalui disiplin belajar dengan t hitung 4,080 lebih besar dari t tabel 1,97. Kata Kunci: Konsep Diri, Minat Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 07:30 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:30 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10536 |
Actions (login required)
View Item |