PENGARUH PENGGUNAAN TUGAS SUPERITEM BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Sindangkasih Tahun Pelajaran 2017/2018

NISRINA P, HANA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN TUGAS SUPERITEM BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Sindangkasih Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (84kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (272kB)
[img] Text
03 surat pernyataan materai.pdf

Download (479kB)
[img] Text
04 Kata Pengantar.pdf

Download (117kB)
[img] Text
05 Abstrak.pdf

Download (94kB)
[img] Text
06 Abstract.pdf

Download (70kB)
[img] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (83kB)
[img] Text
08 Daftar Tabel.pdf

Download (74kB)
[img] Text
09 Daftar Diagram.pdf

Download (61kB)
[img] Text
10 Daftar Lampiran.pdf

Download (75kB)
[img] Text
11 BAB 1.pdf

Download (156kB)
[img] Text
12 BAB 2.pdf

Download (365kB)
[img] Text
13 BAB 3.pdf

Download (345kB)
[img] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan tugas Superitem berdasarkan Taksonomi SOLO terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik (2) Disposisi matematik peserta didik terhadap penggunaan tugas Superitem berdasarkan Taksonomi SOLO. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh perserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sindangkasih. Sampel diambil 2 kelas secara acak, terambil yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 orang yang diberi pembelajaran dengan tugas Superitem berdasarkan Taksonomi SOLO dan kelas VII D sebagai kelas control dengan jumlah 36 orang yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan penyebaran angket disposisi matematik peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan angket disposisi matematik. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil pengujian, pengolahan dan analisisi data diperoleh kesimpulan: (1) Ada pengaruh penggunaan tugas Superitem berdasarkan Taksonomi SOLO terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik. (2) Disposisi matematik peserta didik terhadap pengunaan tugas Superitem berdasarkan Taksonomi SOLO termasuk kategori tinggi. Keyword: Superitem, Taksonomi SOLO, Kemampuan pemecahan masalah matematik, dan Disposisi matemat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 07 Aug 2023 05:00
Last Modified: 07 Aug 2023 05:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10337

Actions (login required)

View Item View Item