AZZAHRA, ALIVIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STRUCTURED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (46kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (405kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (313kB) |
|
Text
4. ABSTRACK.pdf Download (122kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (402kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf Download (287kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (219kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (119kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (119kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (118kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (260kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (419kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (853kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (359kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Structured Inquiry terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi perubahan lingkungan di Kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian the matching posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 5 kelas yang berjumlah 189 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk pengumpulan data menggunakan tes kemampuan literasi sains berupa soal sebanyak 25 soal pilihan ganda mengenai materi perubahan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis menggunakan uji t independen dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Structured Inquiry terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi perubahan lingkungan dengan sub indikator dengan skor rata-rata tertinggi di kelas eksperimen adalah memahami desain penelitian dan bagaimana pengaruhnya terhadap temuan atau simpulan ilmiah. Kata Kunci: Model Pembelejaran, Structured Inquiry, Literasi Sains
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 01:39 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 01:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10318 |
Actions (login required)
View Item |