ADHANI, INDRI (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (594kB) |
|
Text
2 Lembar pengesahan.pdf Download (216kB) |
|
Text
3 surat pernyataan.pdf Download (214kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (893kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (782kB) |
|
Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (784kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (911kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (607kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (646kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (811kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (599kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
NDRI ADHANI. 2023. UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jatiwaras). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dr. H. Yoni Hermawan., M.Pd dan Gugum Gumilar, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 1 Jatiwaras yaitu rendahnya kemampuan berpikir analisis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir analisis peserta didik dengan mengggunakan model problem based learning pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain menggunakan noequivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk esai. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Jatiwaras pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 165 pesera didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 yang berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir analisis peserta didik dengan menggunakan model problem based learning, diketahui Ha diterima jika nilai sig. (2-tailed) ≤ 5% atau 0,05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig. (2-tailed)sebesar 0.000 < 0,005. Rata – rata skor kelas eksperimen yang diperoleh yaitu 87,38 sedangkan rata-rata skor kelas kontrol yaitu 78,54, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik. Kata Kunci : Berpikir Analisis, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 07:06 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 07:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10301 |
Actions (login required)
View Item |