PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Perdagangan Internasional Kelas XI IPS SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

RAHMAT, AGUS (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Perdagangan Internasional Kelas XI IPS SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (34kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (830kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (228kB)
[img] Text
05 Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
06 Abstract.pdf

Download (345kB)
[img] Text
04 Kata Pengantar.pdf

Download (124kB)
[img] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (421kB)
[img] Text
08 Daftar Tabel.pdf

Download (213kB)
[img] Text
09 Daftar Gambar (1).pdf

Download (207kB)
[img] Text
09 Daftar Gambar.pdf

Download (207kB)
[img] Text
10 Daftar Lampiran.pdf

Download (8kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (23kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (176kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masalah rendahnya hasil belajar di SMAN 3 Tasikmalaya yang disebabkan ketidaktepatan penerapan model pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis quasi experimental serta desain penelitian non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif berbentuk pilihan ganda. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 3 Tasikmalaya berjumlah 107 siswa sedangkan sampel yang diambil dengan teknik non probability sampling jenis sampling purposive adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi perdagangan internasional. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi perdagangan internasional, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) < 5% atau 0.05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Group Investigation, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:24
Last Modified: 27 Jul 2023 02:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10022

Actions (login required)

View Item View Item