STUDENTS’ LEARNING ENGAGEMENT IN AN ONLINE ACADEMIC LISTENING AND SPEAKING CLASS: INSIGHTS FROM A STATE UNIVERSITY IN INDONESIA

NOVITA, VINDI (2022) STUDENTS’ LEARNING ENGAGEMENT IN AN ONLINE ACADEMIC LISTENING AND SPEAKING CLASS: INSIGHTS FROM A STATE UNIVERSITY IN INDONESIA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (244kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. TTD 5 PENGUJI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (247kB)
[img] Text
7. PREFACE.pdf

Download (147kB)
[img] Text
9. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (157kB)
[img] Text
10. LIST OF TABLES.pdf

Download (153kB)
[img] Text
11. LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (84kB)
[img] Text
12. CHAPTER 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
13. CHAPTER 2.pdf

Download (235kB)
[img] Text
14. CHAPTER 3.pdf

Download (207kB)
[img] Text
15. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
16. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
17. REFERENCES.pdf

Download (253kB)

Abstract

ABSTRAK VINDI NOVITA, 2022. “Students’ Learning Engagement in an Online Learning Academic Listening and Speaking Class: Insights from a State University in Indonesia”. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Dengan adanya pergeseran pembelajaran yang tiba-tiba dari pembelajaran tradisional atau konvensional ke pembelajaran daring, keterlibatan pelajar di kelas kembali menjadi perhatian. Keterlibatan pelajar di kelas selalu menjadi hal yang rumit untuk diteliti namun penting bagi departemen pendidikan, terutama di negara yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing. Keterlibatan pelajar dalam pembelajaran daring sendiri merupakan indikator yang dimiliki pelajar dalam belajar untuk mencapai tujuannya. Secara empiris, ada berbagai penelitian tentang pembelajaran mendengarkan dan berbicara bahasa Inggris dan/atau keterlibatan pelajar, namun studi tentang keterlibatan pelajar dalam keterampilan mendengarkan dan berbicara secara akademis, terutama dalam konteks pendidikan tinggi Indonesia dan juga dalam pembelajaran daring masih sedikit. Untuk alasan ini, penelitian ini berusaha untuk menggambarkan bagaimana pelajar terlibat dalam pembelajaran daring dari kelas Academic Listening and Speaking di sebuah universitas, juga berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dengan menggunakan teknik thematic analysis, penelitian kualitatif ini menyimpulkan bahwa pelajar (1) terlibat secara kognitif dengan memahami materi dan aktivitas pembelajaran dalam mata kuliah ALS online, (2) terlibat secara emosional dengan menikmati aktivitas pembelajaran di kelas, dan (3) terlibat secara tingkah laku dengan berpartisipasi dalam berdisukusi, menyiapkan strategi penyelesaian masalah juga mengaplikasikan norma belajar daring. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah (1) hubungan pelajar dan guru, (2) dukungan teman sebaya dan (3) semangat belajar untuk mata kuliah Academic Listening and Speaking. Kata Kunci: Academic Listening and Speaking course, keterlibatan pelajar, pelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:39
Last Modified: 13 Mar 2023 06:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8861

Actions (login required)

View Item View Item