ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA MATERI STATISTIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

PURNOMO, JERI TEGUH (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA MATERI STATISTIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (5kB)
[img] Text
Kata pengantar Daftar isi Daftar Tabel Daftar gambar Daftar Lampiran.pdf

Download (454kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)

Abstract

ABSTRAK JERI TEGUH PURNOMO. 2022. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Materi Statistika Berdasarkan Prosedur Newman. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika materi statistika berdasarkan prosedur Newman dan faktor internal penyebab siswa melakukan kesalahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes soal literasi matematika dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini diambil dari siswa yang melakukan kesalahan terbanyak dari setiap tahapan kesalahan Newman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Subjek melakukan semua tipe kesalahan dalam menyelesaikan soal literasi matematika materi statistika berdasarkan prosedur Newman. Indikator kesalahan yang dilakukan pada kesalahan membaca yaitu tidak menggunakan informasi utama untuk menyelesaikan soal. Indikator kesalahan pada kesalahan memahami yaitu salah dalam menuliskan apa yang diketahui dari soal. Selanjutnya indikator kesalahan yang dilakukan pada kesalahan transformasi yaitu tidak menuliskan rumus, tidak menuliskan keterangan secara lengkap, dan mengubah informasi pada soal ke dalam bentuk model matematika tetapi tidak. Indikator kesalahan pada kesalahan keterampilan proses yaitu salah dalam menyelesaikan proses perhitungan dan tidak dapat menyelesaikan proses perhitungan. Indikator kesalahan yang dilakukan pada kesalahan penulisan yaitu tidak menuliskan kesimpulan, salah dalam menuliskan kesimpulan, dan menuliskan notasi persen secara tidak tepat. (2) Faktor internal penyebab subjek melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal literasi matematika materi statistika yaitu kurang teliti dan kurang fokus, kurang memahami informasi pada soal, terburu-buru, kurang memahami pertanyaan, kurang terampil dalam proses menghitung, kurang memahami materi perkalian bilangan desimal, kurang latihan dalam menyelesaikan soal yang memuat kesimpulan, kesalahan pada proses menghitung, dan lupa. Kata kunci: Soal Literasi Matematika, Prosedur Kesalahan Newman, Faktor Penyebab Kesalahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:27
Last Modified: 09 Sep 2022 08:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6564

Actions (login required)

View Item View Item