PORTRAYING LEARNERS’ LEARNING MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE: A CASE STUDY IN A JUNIOR HIGH SCHOOL IN INDONESIA

AFIFAH, ANDINI SALMA (2025) PORTRAYING LEARNERS’ LEARNING MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE: A CASE STUDY IN A JUNIOR HIGH SCHOOL IN INDONESIA. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 02 Approval Sheet.pdf] Text
02 Approval Sheet.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 03 Approval Sheet of the Examiners.pdf] Text
03 Approval Sheet of the Examiners.pdf

Download (791kB)
[thumbnail of 04 Lembar Pernyataan.pdf] Text
04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 05 Abstrak.pdf] Text
05 Abstrak.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 06 Abstract.pdf] Text
06 Abstract.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 07 Preface.pdf] Text
07 Preface.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 08 Acknowledgement.pdf] Text
08 Acknowledgement.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 09 Table of Contents.pdf] Text
09 Table of Contents.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 10 List of Tables.pdf] Text
10 List of Tables.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 11 List of Enclosures.pdf] Text
11 List of Enclosures.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 12 Chapter 1.pdf] Text
12 Chapter 1.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 13 Chapter 2.pdf] Text
13 Chapter 2.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 14 Chapter 3.pdf] Text
14 Chapter 3.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of 15 Chapter 4.pdf] Text
15 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[thumbnail of 16 Chapter 5.pdf] Text
16 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[thumbnail of 17 References.pdf] Text
17 References.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 18 Enclosures.pdf] Text
18 Enclosures.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar Bahasa Inggris yang dimiliki oleh pelajar SMP di Tasikmalaya menggunakan kerangka teori Self-Determination Theory (SDT). Dengan berfokus pada siswa kelas tujuh, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana motivasi intrinsik dan ekstrinsik membentuk keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur sebagai teknik pengumpulan data, hasil dari wawancara tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik dan dikembangkan dengan metode deskriptif dalam pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar Bahasa Inggris yang dimiliki siswa didasari oleh dua motivasi utama, yang muncul dari sumber-sumber yang berbeda, yakni; motivasi berdasarkan lingkungan dan keadaan sekitar siswa dan motivasi berdasarkan kesadaran diri siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor internal dan eksternal memiliki pengaruh yang sama besar terhadap motivasi belajar siswa dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris.

Kata kunci: Motivasi Ekstrinsik, Motivasi Intrinsik, EFL learners, Self Determination Theory (SDT).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 01:18
Last Modified: 11 Dec 2025 01:18
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item
View Item