AFIFAH, ANDINI SALMA (2025) PORTRAYING LEARNERS’ LEARNING MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE: A CASE STUDY IN A JUNIOR HIGH SCHOOL IN INDONESIA. Other thesis, Universitas siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (418kB)
02 Approval Sheet.pdf
Download (72kB)
03 Approval Sheet of the Examiners.pdf
Download (791kB)
04 Lembar Pernyataan.pdf
Download (71kB)
05 Abstrak.pdf
Download (301kB)
06 Abstract.pdf
Download (300kB)
07 Preface.pdf
Download (410kB)
08 Acknowledgement.pdf
Download (302kB)
09 Table of Contents.pdf
Download (315kB)
10 List of Tables.pdf
Download (307kB)
11 List of Enclosures.pdf
Download (282kB)
12 Chapter 1.pdf
Download (310kB)
13 Chapter 2.pdf
Download (319kB)
14 Chapter 3.pdf
Download (553kB)
15 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (623kB)
16 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (303kB)
17 References.pdf
Download (424kB)
18 Enclosures.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar Bahasa Inggris yang dimiliki oleh pelajar SMP di Tasikmalaya menggunakan kerangka teori Self-Determination Theory (SDT). Dengan berfokus pada siswa kelas tujuh, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana motivasi intrinsik dan ekstrinsik membentuk keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur sebagai teknik pengumpulan data, hasil dari wawancara tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik dan dikembangkan dengan metode deskriptif dalam pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar Bahasa Inggris yang dimiliki siswa didasari oleh dua motivasi utama, yang muncul dari sumber-sumber yang berbeda, yakni; motivasi berdasarkan lingkungan dan keadaan sekitar siswa dan motivasi berdasarkan kesadaran diri siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor internal dan eksternal memiliki pengaruh yang sama besar terhadap motivasi belajar siswa dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris.
Kata kunci: Motivasi Ekstrinsik, Motivasi Intrinsik, EFL learners, Self Determination Theory (SDT).
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 01:18 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 01:18 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2531 |
