Ihwani, Ayuni Sofa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI (Eksperimen pada Peserta Didik kelas VIII SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (205kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (186kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (918kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (226kB) |
|
Text
6. DAFTAR DAFTAR.pdf Download (744kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (347kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (621kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (497kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMP kelas VIII adalah teks persuasi yakni kompetensi dasar 3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks dan KD 4.14 Menyajikan teks persuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) terhadap Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Serta Menyajikan Teks Persuasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperiman semu. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, tes, dan wawancara. Hasil pengolahan data yang diperoleh rata-rata nilai pretest dan postest . Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen KD 3.14 adalah 38,48, sedangkan nilai rata-rata postest adalah 83,48. Kemudian untuk KD 4.14 nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 47,76. Sedangkan nilai rata-rata postest adalah 83,72. Sementara itu, nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol KD 3.14 adalah 29,44. Sedangkan nilai rata-rata postest adalah 56,40. Kemudian untuk KD 4.14 nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 45,72. Sedangkan nilai rata-rata postest adalah 62,08. Hasil uji normalitas data menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks persuasi, diketahui semua berdistribusi tidak normal. Dengan demikian perhitungan data dilanjutkan dengan menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan uji wilcoxon dengan menggunakan SPSS 20 diperoleh hasil Asymp.Sig. (2 tailed) sebesar 0,001< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:14 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14760 |
Actions (login required)
View Item |