Risda, Dwi Diana (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS QR CODE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X SMAN 3 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (135kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (128kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (119kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 3 Ciamis yaitu kurang optimalnya hasil belajar peserta didik khususnya dalam pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan desain non equivalent kontrol group design, Serta Teknik pengumpulan data melalui test uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMAN 3 Ciamis pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 373 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas X-E 2 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas ekperimen dan kelas X-E 1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purpose. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model Discovery Learning berbantuan media flash card berbasis QR code terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan media flash card berbasis QR code terhadap hasil belajar peserta didik pada materi harga keseimbangan pasar, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) ≤0.05 dan berddasarkan penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model Discovery Learning berbantuan media flash card berbasis QR code dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Discovery Learning, Flash card, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 04:23 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 04:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14475 |
Actions (login required)
View Item |