TINI, IMAS (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PELAKU USAHA UNTUK MENGAJUKAN SERTIFIKASI HALAL PRODUK UMKM DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (165kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (135kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (97kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
|
Text
5. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf Download (251kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (154kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (371kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (399kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (486kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sertifikasi halal menjadi wajib dilakukan oleh pelaku usaha setelah adanya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Kewajiban sertifikasi halal dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pertama dimulai pada 17 Oktober 2019 hingga 17 Oktober 2024, khusus untuk produk makanan dan minuman. Minat pelaku usaha di Kota Tasikmalaya dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan tentang sertifikasi halal, yang menyebabkan mereka yakin bahwa makanan yang mereka jual sudah halal karena mereka adalah Muslim. Kurangnya pemahaman tentang regulasi disebabkan oleh minimnya literasi dan sosialisasi dari pihak terkait. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemahaman, biaya, kesadaran, dan keyakinan terhadap minat pelaku usaha untuk mengajukan sertifikasi halal produk UMKM di Kota Tasikmalaya. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan penggunaan model regresi yang mencakup pendekatan Ordinary Least Square (OLS) dan uji statistic nonparametric dan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku usaha di Kota Tasikmalaya dengan sampel sebanyak 98 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemahaman dan faktor biaya tidak berpengaruh signigikan terhadap minat pelaku usaha untuk mengajukan sertifikasi halal produk UMKM di Kota Tasikmalaya. Faktor kesadaran dan faktor Keyakinan berpengaruh signifikan terhadap minat pelaku usaha untuk mengajukan Sertifikasi halal produk UMKM di Kota Tasikmalaya. Pemahaman, biaya, kesadaran, dan keyakinan memainkan peran penting dalam minat pelaku usaha untuk mengajukan sertifikasi halal produk UMKM. Pemahaman terkait prosedur dan manfaat sertifikasi halal, serta biaya yang diperlukan, berpotensi menjadi hambatan atau pendorong. Kesadaran akan pentingnya produk halal, serta keyakinan atas proses dan bahan baku yang sesuai dengan syariat, menjadi faktor krusial dalam meningkatkan minat pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikasi tersebut.Oleh karena itu perlu adanya keterlibatan lemabaga/instansi dalam memperluas literasi atau sosialisasinya mengenai pengajuan sertifikasi halal produk kepada pelaku usaha di Kota Tasikmalaya supaya minat mereka untuk mengajukan sertifikasi halal semakin tinggi atau meningkat. Kata Kunci: Pemahaman, Biaya, Kesadaran, Keyakinan, Minat Pelaku Usaha
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:50 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 08:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13994 |
Actions (login required)
View Item |