PENGARUH PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya)

APRILIANO, RIZQULLAH (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (188kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (261kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (150kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (219kB)
[img] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (232kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (403kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (558kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)

Abstract

Pembelajaran abad 21 menekankan adanya keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa, diantaranya kemampuan komunikasi yang efektif. Namun implementasi pembelajaran di kelas masih belum optimal. Model siklus belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Evaluation) menekankan pembelajaran dengan berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat mengelaborasi serta berperan aktif secara mandiri. Penerapan model siklus belajar 5E bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan quasi eksperimen, dengan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, tes, studi dokumentasi dan studi literatur. Sampel penelitian terdiri dari 48 peserta didik yang berasal dari kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Data di analisis menggunakan teknik uji Wilcoxon, menunjukkan hasil 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan model Siklus Belajar 5E berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Kata Kunci : Keterampilan Komunikasi, Model Pembelajaran, Siklus Belajar 5E

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:22
Last Modified: 02 Sep 2024 07:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13918

Actions (login required)

View Item View Item