IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM APLIKASI E�COMMERCE STUDY KASUS TOKO T-HYPE.ID

Istiyanto, Aldi (2024) IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM APLIKASI E�COMMERCE STUDY KASUS TOKO T-HYPE.ID. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Toko T-Hype.id menghadapi kesulitan dalam mengelola pesanan desain custom melalui marketplace dan metode manual seperti pesan melalui WhatsApp atau kunjungan langsung ke toko. Kesulitan ini meningkatkan beban kerja admin dan menyebabkan inefisiensi dalam pengelolaan data pesanan dan pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem e-commerce yang terintegrasi dengan fase Customer Relationship Management (CRM) menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Metode RAD dipilih karena memungkinkan pengembangan sistem yang cepat dan iteratif dengan umpan balik pengguna. Proses RAD meliputi 3 tahapan yaitu Requirements Planning, Design Workshop dan Implementation. Setelah pengembangan, sistem diuji menggunakan Blackbox Testing untuk memastikan bahwa semua fungsi berjalan sesuai spesifikasi . Selain itu, User Acceptance Testing (UAT) dilakukan untuk memastikan sistem memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna akhir.Dari hasil pengujian Black-Box testing dinyatakan diterima karena semua test case yang diuji menunjukkan dan memberikan nilai diterima/sukses. Hasil pengujian UAT pada pelanggan yaitu responden rata-rata score 89,08% yang disimpulkan dalam kriteria Sangat Menarik, pada admin yaitu responden rata-rata score 86,00% disimpulkan dalam kriteria Sangat Menarik. Selain itu, Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem e-commerce yang dikembangkan mampu mengintegrasikan fitur desain custom produk, manajemen pesanan otomatis, dan fitur CRM. Fitur-fitur ini memudahkan admin dalam mengelola pesanan dan data pelanggan serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional Toko T-Hype.id dan memperkuat loyalitas pelanggan melalui fitur inovatif dan layanan yang lebih responsif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:32
Last Modified: 27 Aug 2024 01:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13587

Actions (login required)

View Item View Item