KAMILA, MILAH (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI ETIKA PEMASARAN SYARIAH PADA DIGITAL MARKETING DI KAIFA CRAFT RAJAPOLAH TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
5. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
8. BAB 1.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
9. BAB 2.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
10. BAB 2.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
15. BIODATA PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
Abstract
Etika pemasaran syariah adalah menerapkan nilai-nilai moral yang sesuai dengan syariat Islam dalam setiap aktivitas ekonomi termasuk dalam pemasaran. Nilai moral tersebut tercakup dalam empat kunci sukses dalam berbisnis yaitu prinsip shiddiq, amanah, tabligh, dan fathanah. Sebagai pelaku usaha yang beragama Islam, harusnya dapat menjalankan aturan-aturan muamalah sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi etika pemasaran syariah pada digital marketing di Kaifa Craft Rajapolah Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu sumber data utama yang diperoleh melalui wawancara dengan pemilik, staf marketing dan konsumen Kaifa Craft serta sumber data sekunder berupa laporan penjualan dan laporan kegiatan promosi Kaifa Craft. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi teknik. Kemudian untuk analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kaifa Craft sudah menerapkan prinsip shiddiq, amanah, tabligh dan fathanah dalam kegiatan digital marketing. Akan tetapi terdapat indikator yang masih belum optimal diterapkan yaitu indikator kepercayaan dalam prinsip amanah. Hal tersebut terjadi karena human error, produksi produk Kaifa Craft sering mengalami overload dan mengakibatkan pembuatan produk melebihi batas waktu yang telah ditentukan, sehingga produk akan terlambat sampai ke konsumen. Beberapa konsumen komplain terkait hal tersebut, tetapi Kaifa Craft selalu menilai komplain tersebut sebagai feedback positif yang akan berguna bagi keberlangsungan bisnis. Kaifa Craft juga selalu bertanggung jawab, berusaha menjaga kepercayaan konsumen dan berusaha untuk memberikan pelayanan yang baik untuk konsumen. Kata Kunci : Etika Pemasaran Syariah, Digital Marketing, Kaifa Craft.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 09:06 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 09:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13397 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |