MILAH, DENA SARIPATUL (2024) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF EFFICACY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional dikelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
ABSTRACT.pdf Download (282kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (270kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (670kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (259kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (240kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (175kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (265kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (249kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (239kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (265kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (232kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (179kB) |
Abstract
DENA SARIPATUL MILAH. 2024. Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Self Efficacy terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi di Kelass X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap prokrastinasi akademik peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yakni kelas X-1, X-2, X-4 dan X-5 yang berjumlah 141 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu Academic Procrastination Scale (APS) untuk mengukur prokrastinasi akademik peserta didik, angket kecerdasan emosional untuk mengukur kecerdasan emosional peserta didik, dan Academic Self-efficacy Scale untuk mengukur self efficacy peserta didik. Hasil penelitian menunjukan ada korelasi antara kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap prokrastinasi akademik peserta didik dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,734 yang artinya hubungan ketiga variabel tersebut termasuk dalam kategori korelasi kuat. Selain itu diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,539 yang berarti bahwa variabel kecerdasan emosional dan self efficacy memberikan kontribusi sebesar 53,9% terhadap prokrastinasi akademik peserta didik. Sisanya yakni 46,1% merupakan variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sehingga terdapat korelasi kuat antara kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap prokrastinasi akademik peserta didik pada mata pelajaran biologi. Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Kecerdasan Emosional, Self Efficacy, Biologi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 06:35 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 06:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13093 |
Actions (login required)
View Item |