MAULANA, MUHAMMAD AZRIL RIZKY (2024) EFEKTIVITAS SUPLEMEN PEMBELAJARAN BERBANTUAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (200kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf Download (52kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (72kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (137kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (135kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (28kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (125kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (94kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (499kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (414kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep minat belajar peserta didik secara simultan maupun parsial pada materi barisan dan deret. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep, kuesioner minat belajar peserta didik, dan validasi suplemen pembelajaran berbantuan TikTok. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kisi-kisi tes kemampuan pemahaman konsep, kisi-kisi kuesioner minat belajar, serta kisi-kisi lembar penilaian kualitas teknis kisi-kisi lembar penilaian kualitas isi dan tujuan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya yang berjumlah X kelas. Sampel dipilih secara acak menurut kelas, sehingga kelas XI IPA 5 yang terpilih sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang yang pembelajarannya menggunakan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok. Teknik analisis data yang digunakan dalam uji hipotesis yaitu uji multivariate analysis of variance (MANOVA) dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik, penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, dan penggunaan suplemen pembelajaran berbantuan TikTok tidak efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Kata kunci: Efektivitas; Suplemen Pembelajaran berbantuan TikTok; Kemampuan Pemahaman Konsep; Minat Belajar Peserta Didik; Barisan dan Deret
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 06:42 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 06:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12554 |
Actions (login required)
View Item |