HUTAMI, ANNISA YULIA (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (42kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (106kB) |
|
Text
3. Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (110kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (31kB) |
|
Text
5. Pedoman Transliterasi.pdf Download (191kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (155kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (136kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (347kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (354kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (228kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (141kB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
Abstract
Mahasiswa merupakan kelompok usia remaja yang saat ini termasuk kedalam generasi Z. Umumnya remaja akan mengalami suatu perubahan seperti: fisik, hobi, dan keinginan lainnya, sehingga memungkinkan adanya peningkatan konsumsi yang terjadi. Didukung dengan perkembangan teknologi informasi dan digital menjadikan masyarakat termasuk remaja memiliki akses penuh terhadap suatu informasi mengenai produk atau jasa yang diinginkan sehingga lebih mudah untuk mendapatkan apa yang diinginkan dan membentuk suatu gaya hidup yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berkaitan dan memiliki indikasi yang dapat memengaruhi perilaku konsumtif generasi Z sehingga variabel yang digunakan adalah variabel gaya hidup (X1), uang elektronik (X2) dan religiusitas (X3). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi dengan jumlah populasi mahasiswanya sebesar 590 orang. Penelitian ini menggunakan teknik Proporsionate Stratified Random Sampling, dengan jumlah sampel sebesar 100 orang, dan diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya hidup (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, berdasarkan nilai signifikansi 0,000<0,05. Variabel uang elektronik (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Variabel religiusitas (X3) tidak memiliki pengaruh signifikan karena nilai signifikansi sebesar 0,224>0,05. Secara bersama-sama variabel gaya hidup (X1), uang elektronik (X2) dan religiusitas (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Penelitian ini dapat menjadi informasi terkait beberapa faktor yang menyebabkan perilaku konsumtif di lingkungan mahasiswa. Lembaga dapat mengedukasi mengenai pengendalian perilaku konsumtif melalui pembelajaran di perkuliahan sehingga dapat meminimalisir terjadi perilaku konsumtif dan terhindar dari hal-hal yang merugikan akibat perilaku konsumtif ini. Kata Kunci: Gaya Hidup, Uang Elektronik, Religiusitas dan Perilaku Konsumtif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 04:17 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 04:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12543 |
Actions (login required)
View Item |