WALDIANA, WIDI (2023) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Peserta Didik Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (282kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (94kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (95kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (95kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (102kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (33kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (71kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (32kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (122kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (244kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (324kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Cihaurbeuti yang masih rendah. Masih terdapat peserta didik yang memiliki nilai dibawah KKM yang ditentukan oleh pihak sekolah.Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar dan Disiplin Belajar, Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Metode pada penelitian menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian yaitu peserta didik kelas XII IPS yang menempuh mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti dengan jumlah 177 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu menggunakan sampel jenuh, dimana semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linier berganda serta uji hipotesis dengan uji F (Simultan), uji t (parsial) . Hasil perhitungan statistik dengan analisis regresi linier berganda dari persamaan regresi diketahui bahwa pemanfaatan sumber belajar dan disiplin belajar memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, di ketahui nilai koefisien determinasi (R square) pada penelitian ini yaitu 0,573 atau 57,3%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. 2) Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan bersama – sama antara pemanfaatan sumber belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci: Pemanfaatan Sumber Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 07:26 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 07:26 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12370 |
Actions (login required)
View Item |