STUDENTS’ LISTENING STRATEGIES DURING EXTENSIVE LISTENING ACTIVITIES: A CASE STUDY IN AN INDONESIAN HIGHER EDUCATION

YUHANNADZA, ELSA (2023) STUDENTS’ LISTENING STRATEGIES DURING EXTENSIVE LISTENING ACTIVITIES: A CASE STUDY IN AN INDONESIAN HIGHER EDUCATION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (260kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (577kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (573kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (376kB)
[img] Text
4. MOTTO.pdf

Download (249kB)
[img] Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (492kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (477kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (318kB)
[img] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (292kB)
[img] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (362kB)
[img] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (485kB)
[img] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (417kB)
[img] Text
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Terlibat dalam kegiatan menyimak ekstensif materi bahasa asing, terutama di luar ruang kelas, dapat menjadi lebih menyenangkan jika siswa mengetahui cara memahami teks yang disimak secara efektif dan efisien. Penelitian ini menyelidiki strategi menyimak yang digunakan oleh siswa selama kegiatan menyimak ekstensif di luar kelas untuk mengeksplorasi alasan yang mendasari penggunaannya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif. Tiga orang mahasiswi dipilih untuk meneliti penerapan strategi menyimak ekstensif di antara mahasiswa yang terdaftar di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Data diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur (SSI) dan dianalisis menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menggunakan berbagai strategi ketika terlibat dalam kegiatan mendengarkan ekstensif di luar kelas. Strategi-strategi ini dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori yang berbeda: (1) strategi kognitif, (2) strategi metakognitif, dan (3) strategi sosio-afektif (Vandergrift, 1997). Selain itu, hasil dari penelitian ini juga menyoroti aspek-aspek yang mendorong siswa untuk menggunakan strategi tertentu ketika terlibat dalam kegiatan mendengarkan yang ekstensif di luar kelas. Penelitian ini diharapkan dapat mencapai hasil yang terbaik dan bermanfaat bagi para pendidik, siswa, pemangku kepentingan, dan pembaca. Kata kunci: Aktivitas Menyimak Ekstensif, Pembelajaran Individu, Strategi Menyimak, Studi Kasus Deskriptif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:40
Last Modified: 04 Mar 2024 02:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12215

Actions (login required)

View Item View Item