Roji, Azis Fahrul (2023) ANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN PANDANGAN DUNIA PENGARANG PADA NOVEL “AROMA KARSA” DAN “RAPIJALI 1: MENCARI” KARYA DEE LESTARI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN STRUKTURALISME GENETIK (Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Kelas XII). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (122kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (274kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (220kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (666kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (919kB) |
|
Text
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB II TINJAUAN TEORITIS.pdf Download (23MB) |
|
Text
9. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (39MB) |
|
Text
11. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. DAFTAR LAMPIRAN_merged.pdf Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
Abstract
Mata pelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 revisi merupakan mata pelajaran berbasis teks. Teks, khususnya teks novel, yang harus diajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia hendaknya teks yang memenuhi kriteria bahan ajar. Kenyataan di sekolah�sekolah menunjukkan bahwa bahan ajar teks novel masih terbatas pada penggunaan buku paket bahasa Indonesia. Guru harus mencari contoh teks novel lain untuk menunjang pembelajaran. Namun, tidak selamanya teks novel cocok diterapkan untuk peserta didik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis berupaya menganalisis unsur pembangun dan pandangan dunia pengarang pada novel Aroma Karsa dan Rapijali 1: Mencari untuk melihat apakah teks tersebut cocok jika dijadikan sebagai bahan ajar bagi peserta didik SMA kelas XII atau tidak. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan ialah wawancara untuk mengetahui permasalahan, studi pustaka untuk menganalisis novel, dan angket untuk memvalidasi hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teks novel yang telah dianalisis cocok dijadikan sebagai bahan ajar alternatif bagi peserta didik SMA kelas XII, dilihat dari kriteria bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya. Hal ini juga ditunjang dengan hasil validasi dari ketiga validator yang menyatakan bahwa bahan ajar alternatif yang telah penulis susun sesuai baik dari segi isi, penyajian materi, serta bahasa yang digunakan dalam penyampaian materi. Selain itu, penelitian ini juga ditunjang dengan hasil uji coba bahan ajar alternatif di dalam kelas yang hasilnya menunjukkan rata-rata nilai peserta didik telah di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 08:29 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 08:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12101 |
Actions (login required)
View Item |