PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

AL-MA’ARUFAH, SITI NUR ‘AINI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (842kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (875kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (871kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (995kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (878kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (994kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (879kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (883kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (981kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (875kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (878kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (881kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Model Pembelajaran Konvensional (Ceramah). Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya sebanyak 175 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan bantuan IBM SPSS Statistik versi 25 dengan teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji Independent Sample T-Test dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dilihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 82,33 dan nilai N-Gain sebesar 0,64. Sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 79,19 dan nilai N-gain sebesar 0,59. Dari perhitunggan effect size diperoleh nilai sebesar 0,931 termasuk kedalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 82%. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:01
Last Modified: 04 Sep 2023 04:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10900

Actions (login required)

View Item View Item