PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

Hidayat, Fuad (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover Tesis.pdf

Download (49kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan Tesis.pdf

Download (229kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (77kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian-Kata Pengantar-Daftar.pdf

Download (421kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB)
[img] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) terintegrasi nilai keislaman untuk mengeksplor kemampuan literasi matematis siswa, menganalisis efektivitas LKPD dan menganalisis kemampuan literasi matematis siswa setelah menggunakan LKPD. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru matematika, 8 orang peserta didik yang diambil dari kelas XI selain dari kelas XI MIPA 1, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan 20 orang peserta didik kelas XI MIPA 1 MAN 1 Darussalam Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE melalui tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation untuk mendapatkan produk yang valid dan layak digunakan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, angket dan tes kemampuan literasi matematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon pengguna, dan soal tes kemampuan literasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, pada tahap analysis peneliti melakukan analisis kebutuhan materi dan bahan ajar. Pada tahap design peneliti membuat rancangan LKPD di aplikasi berbasis web Canva Education, menyusun lembar validasi ahli materi dan ahli media, membuat angket respon pengguna dan merancang soal tes kemampuan literasi matematis siswa. Pada tahap development peneliti menghasilkan produk yang telah dirancang, melakukan uji ahli kepada ahli materi dan ahli media dengan hasil validasi berada pada kategori “sangat valid” serta melakukan ujicoba produk kepada 3 orang guru matematika dan 8 orang peserta didik di luar kelas XI MIPA 1 dan memperoleh respon positif dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap implementation, LKPD diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kepada 20 orang peserta didik kelas XI MIPA 1. Pada tahap evaluation diketahui nilai rata-rata kemampuan literasi matematis peserta didik pada posttest sebesar 78,00 dan termasuk pada kategori cukup. Respon pengguna terhadap LKPD positif dengan kategori “sangat baik”. Hasil pengujian Effect Size (ES) diperoleh nilai sebesar 1,07 dan termasuk dalam kategori “Strong Effect”. Terdapat 3 subjek atau sebesar 15% kemampuan literasi matematisnya berada pada level 1, pada level 2 terdapat 3 subjek atau sebesar 15%, pada level 3 terdapat 6 subjek atau sebesar 30%, sebanyak 2 subjek atau 10% berada pada level 4, pada level 5 terdapat 3 subjek atau sebesar 15%, level tertinggi kemampuan literasi matematis yakni level 6 terdapat 3 subjek atau sebesar 15%. Dapat disimpulkan bahwa LKPD layak digunakan untuk mengeksplor kemampuan literasi matematis. Kata kunci: LKPD, HOTS, nilai keislaman, kemampuan literasi matematis.

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:32
Last Modified: 31 Aug 2023 06:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10836

Actions (login required)

View Item View Item