PENGARUH KONSEP DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

SIHOTANG, MEY A. (2023) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover-1.pdf

Download (222kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (359kB)
[img] Text
04 Abstrak.pdf

Download (300kB)
[img] Text
05 Abstrack.pdf

Download (305kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (312kB)
[img] Text
07 Ucapan Terimakasih.pdf

Download (213kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (312kB)
[img] Text
07 Ucapan Terimakasih.pdf

Download (213kB)
[img] Text
08 Daftar Isi.pdf

Download (67kB)
[img] Text
09 Daftar Tabel.pdf

Download (200kB)
[img] Text
10 Daftar Gambar.pdf

Download (197kB)
[img] Text
11 Daftar Lampiran.pdf

Download (198kB)
[img] Text
12 Bab I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
13 Bab II.pdf

Download (416kB)
[img] Text
14 Bab III.pdf

Download (654kB)
[img] Text
15 Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
16 Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
17 Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB)
[img] Text
18 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rata-rata hasil belajar peserta didik yang rendah pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari konsep diri dan minat belajar terhadap disiplin belajar serta implikasinya terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survey dengan desain survey eksplanatori. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 208 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, sehingga seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi dan kuesioner/angket dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur atau path analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri tidak berpengaruh terhadap disiplin belajar yang terlihat dari nilai signifikansi 0,255, minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin belajar dengan nilai signifikansi 0,000, konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000, minat belajar secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000, disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000. Adapun pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa konsep diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar melalui disiplin belajar dengan nilai t hitung 1,12 lebih kecil dari t tabel 1,97 dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar melalui disiplin belajar dengan t hitung 4,080 lebih besar dari t tabel 1,97. Kata Kunci: Konsep Diri, Minat Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:30
Last Modified: 11 Aug 2023 07:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10536

Actions (login required)

View Item View Item