PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STRUCTURED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

AZZAHRA, ALIVIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STRUCTURED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (405kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text
4. ABSTRACK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (402kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf

Download (287kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (119kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (119kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (419kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (853kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Structured Inquiry terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi perubahan lingkungan di Kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian the matching posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 5 kelas yang berjumlah 189 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk pengumpulan data menggunakan tes kemampuan literasi sains berupa soal sebanyak 25 soal pilihan ganda mengenai materi perubahan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis menggunakan uji t independen dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Structured Inquiry terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi perubahan lingkungan dengan sub indikator dengan skor rata-rata tertinggi di kelas eksperimen adalah memahami desain penelitian dan bagaimana pengaruhnya terhadap temuan atau simpulan ilmiah. Kata Kunci: Model Pembelejaran, Structured Inquiry, Literasi Sains

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:39
Last Modified: 07 Aug 2023 01:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10318

Actions (login required)

View Item View Item