RAHMAT, AGUS (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Perdagangan Internasional Kelas XI IPS SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (34kB) |
|
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf Download (830kB) |
|
Text
03 Lembar Pernyataan.pdf Download (228kB) |
|
Text
05 Abstrak.pdf Download (7kB) |
|
Text
06 Abstract.pdf Download (345kB) |
|
Text
04 Kata Pengantar.pdf Download (124kB) |
|
Text
07 Daftar Isi.pdf Download (421kB) |
|
Text
08 Daftar Tabel.pdf Download (213kB) |
|
Text
09 Daftar Gambar (1).pdf Download (207kB) |
|
Text
09 Daftar Gambar.pdf Download (207kB) |
|
Text
10 Daftar Lampiran.pdf Download (8kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (23kB) |
|
Text
12 BAB II.pdf Download (176kB) |
|
Text
13 BAB III.pdf Download (400kB) |
|
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
|
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
16 Daftar Pustaka.pdf Download (236kB) |
|
Text
17 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Masalah rendahnya hasil belajar di SMAN 3 Tasikmalaya yang disebabkan ketidaktepatan penerapan model pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis quasi experimental serta desain penelitian non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif berbentuk pilihan ganda. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 3 Tasikmalaya berjumlah 107 siswa sedangkan sampel yang diambil dengan teknik non probability sampling jenis sampling purposive adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi perdagangan internasional. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi perdagangan internasional, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) < 5% atau 0.05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Group Investigation, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:24 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10022 |
Actions (login required)
View Item |