PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK APLIKASI WONDR BY BNI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk. (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif Jurusan D-3 Perbankan dan Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi Angkatan 2024)

MAULANA, AKMAL IHSAN (2025) PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK APLIKASI WONDR BY BNI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk. (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif Jurusan D-3 Perbankan dan Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi Angkatan 2024). Diploma thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (619kB)
[thumbnail of 3. KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4. ABSTRACT.pdf] Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 5. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf] Text
5. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 6. PERNYATAAN.pdf] Text
6. PERNYATAAN.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 11. BAB I.pdf] Text
11. BAB I.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 12. BAB II.pdf] Text
12. BAB II.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 13. BAB III.pdf] Text
13. BAB III.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 18. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN.pdf] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas layanan elektronik aplikasi Wondr by BNI terhadap kepuasan nasabah pada
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Metode yang digunakan adalah
kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan pendekatan non
probability sampling menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian
terdiri dari 115 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan elektronik berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,482
dan signifikansi p < 0,001. Nilai R Square sebesar 0,551 mengindikasikan bahwa
55.1% variasi kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh kualitas layanan elektronik.
Temuan ini memperlihatkan bahwa kualitas layanan aplikasi Wondr termasuk
dalam kategori baik dan berkontribusi besar terhadap kepuasan nasabah.
Disarankan agar BNI meningkatkan keandalan teknis aplikasi, meminimalkan
gangguan saat penggunaan, serta melakukan benchmarking untuk menjaga daya
saing. Penelitian lanjutan juga disarankan untuk mengkaji faktor-faktor lain di luar
layanan elektronik, seperti pelayanan langsung, keamanan, dan kecepatan respon,
yang dapat mendukung peningkatan kepuasan nasabah secara lebih menyeluruh.
Kata Kunci : Kualitas Layanan Elektronik, Kepuasan Nasabah, Wondr by BNI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Keuangan dan Perbankan (DIII)
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 07 Nov 2025 03:33
Last Modified: 07 Nov 2025 03:33
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item
View Item