RAHMAWATI, SINTIA (2025) PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP ANTUSIASME DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Sistem Pencernaan di Kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (50kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (225kB)
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf
Download (162kB)
4. Abstrak.pdf
Download (9kB)
5. Abstract.pdf
Download (10kB)
6. Kata Pengantar.pdf
Download (91kB)
7. Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (17kB)
8. Daftar Isi.pdf
Download (32kB)
9. Daftar Tabel.pdf
Download (16kB)
10. Daftar Gambar.pdf
Download (23kB)
11. Daftar Lampiran.pdf
Download (41kB)
12. BAB I.pdf
Download (250kB)
13. BAB II.pdf
Download (418kB)
14. BAB III.pdf
Download (1MB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (660kB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (38kB)
17. Daftar Pustaka.pdf
Download (206kB)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (56kB)
Abstract
Pembelajaran interaktif dan berbasis pengalaman langsung berperan penting dalam meningkatkan antusiasme serta hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum berbasis lesson study terhadap antusiasme dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan desain non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya, dengan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen dan XI-1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang terdiri dari 43 soal pilihan ganda serta angket skala sikap antusiasme dengan 35 item pernyataan. Data dianalisis menggunakan uji one-way ANOVA, dengan hasil sig 0,000 < 0,05, artinya ada pengaruh metode praktikum berbasis lesson study terhadap antusiasme dan hasil belajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode praktikum berbasis lesson study berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik serta mendorong antusiasme mereka melalui pengalaman belajar yang lebih interaktif dan reflektif.
Kata Kunci: Metode Praktikum, Lesson Study, Antusiasme, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 01:17 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 01:17 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/950 |
