PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP ANTUSIASME DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Sistem Pencernaan di Kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

RAHMAWATI, SINTIA (2025) PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP ANTUSIASME DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Sistem Pencernaan di Kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf] Text
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf] Text
4. Abstrak.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 5. Abstract.pdf] Text
5. Abstract.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 6. Kata Pengantar.pdf] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 7. Ucapan Terima Kasih.pdf] Text
7. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 8. Daftar Isi.pdf] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 9. Daftar Tabel.pdf] Text
9. Daftar Tabel.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 10. Daftar Gambar.pdf] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of 11. Daftar Lampiran.pdf] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 12. BAB I.pdf] Text
12. BAB I.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 13. BAB II.pdf] Text
13. BAB II.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 14. BAB III.pdf] Text
14. BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 15. BAB IV.pdf] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[thumbnail of 16. BAB V.pdf] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[thumbnail of 17. Daftar Pustaka.pdf] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 18. Lampiran.pdf] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[thumbnail of 19. Daftar Riwayat Hidup.pdf] Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)

Abstract

Pembelajaran interaktif dan berbasis pengalaman langsung berperan penting dalam meningkatkan antusiasme serta hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum berbasis lesson study terhadap antusiasme dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan desain non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya, dengan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen dan XI-1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang terdiri dari 43 soal pilihan ganda serta angket skala sikap antusiasme dengan 35 item pernyataan. Data dianalisis menggunakan uji one-way ANOVA, dengan hasil sig 0,000 < 0,05, artinya ada pengaruh metode praktikum berbasis lesson study terhadap antusiasme dan hasil belajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode praktikum berbasis lesson study berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik serta mendorong antusiasme mereka melalui pengalaman belajar yang lebih interaktif dan reflektif.

Kata Kunci: Metode Praktikum, Lesson Study, Antusiasme, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:17
Last Modified: 07 Nov 2025 01:17
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item
View Item