RUSYDAH, RIFDAH KHOERU (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU TERHADAP HASIL BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di Kelas XI Biologi SMA Al Muttaqin Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1.COVER.pdf
Download (209kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (413kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (326kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (305kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (322kB)
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (208kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (400kB)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (323kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (202kB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (199kB)
11. BAB I.pdf
Download (341kB)
12. BAB II.pdf
Download (850kB)
13. BAB III.pdf
Download (672kB)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (565kB)
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (202kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (445kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (202kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Assemblr Edu terhadap hasil belajar dan literasi digital peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia. Metode yang digunakan adalah quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al Muttaqin Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025 dengan populasinya adalah seluruh kelas XI Biologi yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 110 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas XI-F2 yang terdiri dari 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan XI-F1 yang terdiri dari 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen penelitian tes hasil belajar sebanyak 28 soal pilihan majemuk dan kuesioner literasi digital sebanyak 23 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 80,65 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,24 Selanjutnya rata-rata skor literasi digital pada kelas eksperimen sebesar 69,35 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 64,32. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan Uji one way ANOVA menunjukkan nilai signifikansi hasil belajar peserta didik 0,038 dan untuk nilai signifikansi literasi digital peserta didik sebesar 0,003 dimana signifikansi keduanya < 0,05 artinya Ho ditolak. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Assemblr Edu terhadap hasil belajar dan literasi digital peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI Biologi SMA Al Muttaqin Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Media Pembelajaran; Assemblr Edu; Hasil Belajar; Literasi Digital; Sistem Pencernaan Manusia
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 07:51 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 07:51 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/938 |
