APRILIA, RIFDA (2025) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Studi Korelasi di Kelas X SMA AL MUTTAQIN Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (18kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (395kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (131kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (11kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (144kB)
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (130kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (361kB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (222kB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (219kB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (218kB)
11. BAB I.pdf
Download (150kB)
12. BAB II.pdf
Download (667kB)
13. BAB III.pdf
Download (404kB)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (127kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (247kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan keterampilan argumentasi dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Al Muttaqin Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan populasi seluruh kelas X SMA Al Muttaqin Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025 sebanyak 8 kelas dengan jumlah 220 peserta didik. Sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X-1 sampai X-4 sebanyak 100 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 20 soal, tes keterampilan argumentasi sebanyak 5 soal, dan tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak 15 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analaisis dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan pemecahan masalah dalam kategori kuat. (ii) ada hubungan antara keterampilan argumentasi dengan kemampuan pemecahan masalah dalam kategori kuat. (iii) ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan keterampilan argumentasi terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Al Muttaqin Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025 dalam kategori kuat. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa antara variabel kemampuan berpikir kritis dan keterampilan argumentasi terhadap kemampuan pemecahan masalah saling berhubungan.
Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, Keterampilan Argumentasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pencemaran Lingkungan.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 07:47 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 07:47 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/937 |
