HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP SELF CONTROL DAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

AMALIA, RIZKA (2025) HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP SELF CONTROL DAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan smartphone terhadap self control dan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X SMAN 4 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah total 386 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 5 kelas yang terdiri dari kelas X-1, X-2, X-3, X-4 dan X-5 dengan total 163 siswa. Instrumen penelitian berupa kuisioner penggunaan smartphone sebanyak 20 butir pernyataan, self control sebanyak 30 butir pernyataan dan konsentrasi belajar sebanyak 23 butir pernyataan. Teknik analisis yang digunakan adalah brivariate corelation. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan ada hubungan penggunaan smartphone terhadap self control dengan koefisien korelasi sebesar 0,535 berkategori sedang. Hubungan penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,458 berkategori sedang. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan smartphone terhadap self control dan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMAN 4 Tasikmalaya.

Kata Kunci: Penggunaan Smartphone, Self Control, Konsentrasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 06 Nov 2025 07:28
Last Modified: 06 Nov 2025 07:28
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item
View Item