AMALIA, RIZKA (2025) HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP SELF CONTROL DAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (153kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (304kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (174kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (105kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (179kB)
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (106kB)
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (133kB)
8. BAB 1.pdf
Download (213kB)
9. BAB 2.pdf
Download (265kB)
10. BAB 3.pdf
Download (1MB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (499kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (104kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (180kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (110kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan smartphone terhadap self control dan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X SMAN 4 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah total 386 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 5 kelas yang terdiri dari kelas X-1, X-2, X-3, X-4 dan X-5 dengan total 163 siswa. Instrumen penelitian berupa kuisioner penggunaan smartphone sebanyak 20 butir pernyataan, self control sebanyak 30 butir pernyataan dan konsentrasi belajar sebanyak 23 butir pernyataan. Teknik analisis yang digunakan adalah brivariate corelation. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan ada hubungan penggunaan smartphone terhadap self control dengan koefisien korelasi sebesar 0,535 berkategori sedang. Hubungan penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,458 berkategori sedang. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan smartphone terhadap self control dan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMAN 4 Tasikmalaya.
Kata Kunci: Penggunaan Smartphone, Self Control, Konsentrasi Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 07:28 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 07:28 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/933 |
