PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI DAN MENGANALISIS TEKS IKLAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Ramdani, Hamdan (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI DAN MENGANALISIS TEKS IKLAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 7. BAB I.pdf] Text
7. BAB I.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 8. BAB II.pdf] Text
8. BAB II.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of 9. BAB III.pdf] Text
9. BAB III.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 16. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN.pdf] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan menginterpretasi dan menganalisis teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan tes. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII J sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menginterpretasi dan menganalisis teks iklan yakni 54,28 (pre-test) dan 85,25 (post-test). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menginterpretasi dan menganalisis teks iklan yakni 54,03 (pre-test) dan 78,13 (post-test). Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menginterpretasi dan menganalisis teks iklan di kelas eksperimen sebesar 0,6 berkategori sedang dan pada kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,4 berkategori sedang. Hasil uji wilcoxon pada nilai N-Gain menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig 0,029 < 0,05. Interpretasinya adalah bahwa hipotesis penelitian dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran two stay two stray berpengaruh terhadap kemampuan menginterpretasi dan menganalisis teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:53
Last Modified: 06 Nov 2025 02:53
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item
View Item