Ramdani, Hamdan (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI DAN MENGANALISIS TEKS IKLAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (171kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (69kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (58kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (268kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (291kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (287kB)
7. BAB I.pdf
Download (354kB)
8. BAB II.pdf
Download (595kB)
9. BAB III.pdf
Download (560kB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (847kB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (327kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (255kB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (178kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan menginterpretasi dan menganalisis teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan tes. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII J sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menginterpretasi dan menganalisis teks iklan yakni 54,28 (pre-test) dan 85,25 (post-test). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menginterpretasi dan menganalisis teks iklan yakni 54,03 (pre-test) dan 78,13 (post-test). Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menginterpretasi dan menganalisis teks iklan di kelas eksperimen sebesar 0,6 berkategori sedang dan pada kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,4 berkategori sedang. Hasil uji wilcoxon pada nilai N-Gain menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig 0,029 < 0,05. Interpretasinya adalah bahwa hipotesis penelitian dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran two stay two stray berpengaruh terhadap kemampuan menginterpretasi dan menganalisis teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 02:53 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 02:53 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/896 |
