Nurdin, Muslim Arif (2025) HUBUNGANPERANPENDIDIKANGEOGRAFIDALAM KURIKULUMMERDEKATERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIRSPASIALDANSIKAPPEDULILINGKUNGAN (Studi pada Peserta Didik Fase F di SMA Negeri 1 Rumpin Kabupaten Bogor). Masters thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (84kB)
2. Lembar Pengesahan Muslim Arif Nurdin.pdf
Download (139kB)
3. Pernyataan Muslim.pdf
Download (2MB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (129kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (83kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (127kB)
7. BAB 1-Muslim Arif Nurdin.pdf
Download (126kB)
8. BAB 2-Muslim Arif Nurdin.pdf
Download (666kB)
9. BAB 3-Muslim Arif Nurdin (Rev).pdf
Download (1MB)
10. BAB 4 -Muslim Arif Nurdin.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11. BAB 5 Muslim Arif Nurdin.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (96kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (119kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (960kB)
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP MUSLIM ARIF NURDIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (221kB)
Abstract
Kemampuan berpikir spasial dan sikap peduli lingkungan menjadi hal yang perlu ditumbuhkan pada setiap orang salah satunya melalui pendidikan geografi. Pendidikan geografi dalam kurikulum merdeka memiliki prinsip pengembangan karakter, fleksibel dan fokus pada muatan esensial. Konten materi pembelajarannya diberikan panduan melalui capaian pembelajaran, dimana karakter materinya berkaitan dengan indikator kemampuan berpikir spasial dan sikap peduli lingkungan pada siswa di SMA Negeri 1 Rumpin. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hubungan peran pendidikan geografi dalam kurikulum merdeka terhadap kemampuan berpikir spasial dan sikap peduli lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan analisis data secara statistik deksriptif. Hasil penelitian menunjukan terdapat korelasi yang signifikan antara Pendidikan Geografi dengan Kemampuan Berpikir Spasial, berdasarkan uji statistik menggunakan korelasi rank Spearman dengan SPSS 2.2 didapatkan hasil perhitungan yang menunjukan korelasi kuat dan bernilai positif. Hubungan Pendidikan Geografi terhadap Sikap Peduli lingkungan berdasarkan uji statistik menggunakan korelasi rank Spearman dengan SPSS 2.2 didapatkan hasil perhitungan yang menunjukan yang berarti korelasi kuat dan bernilai positif. Hubungan Pendidikan Geografi terhadap Kemampuan Berpikir Spasial dan Sikap Peduli Lingkungan berdasarkan uji statistik menggunakan korelasi rank Spearman dengan SPSS 2.2 didapatkan hasil perhitungan yang menunjukan korelasi kuat dan bernilai positif. Dengan korelasi ini, dapat disimpulkan bahwa jika terjadi peningkatan kualitas Pendidikan Geografi maka akan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial dan sikap peduli lingkungan. Begitupun sebaliknya, jika terjadi peningkatan kemampuan berpikir spasial dan sikap peduli lingkungan, akan berpengaruh terhadap kualitas pendidikan geografi.
Kata Kunci : Peran Pendidikan Geografi, Berpikir Spasial, dan Sikap Peduli Lingkungan
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Geografi | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 07:50 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 07:50 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/706 | 
